Sebatang Hidup Berdua: Tanam Satu Pohon Bermanfaat Selamanya!


Oleh Admin | Senin, 25 September 2023 12:53 | 575 kali


Trivia

Yogyakarta - Travelovers, pernah ngga sih kita membayangkan bagaimana manfaat dari sebatang pohon yang hidup di sekeliling kita? Pohon, makhluk hidup yang sering kali dianggap sepele, memiliki peran penting dalam menjaga kelangsungan hidup di bumi. Konsep "Sebatang Hidup Berdua" mengajak kita untuk memahami betapa vitalnya peran pohon dalam menyokong kehidupan kita di bumi. Pohon bukan hanya elemen dekoratif dalam lanskap, tetapi juga pilar keberlanjutan lingkungan dan kesehatan manusia.

Terkadang, dalam aktivitas kita sehari-hari, kita lupa betapa pentingnya peran dari sebatang pohon yang hidup di sekeliling kita. Coba bayangkan, satu pohon kecil bisa memproduksi sekitar 1,2 kg oksigen setiap hari. Padahal, manusia rata-rata hanya membutuhkan sekitar 0,5 kg oksigen per hari lho! Ini berarti, satu pohon mampu memberikan oksigen yang cukup untuk menyokong kehidupan dua orang. Itulah mengapa kita sering menyebut pohon sebagai penyedia oksigen kita.

Meskipun seringkali dianggap sebagai sumber oksigen yang tak terhingga, pohon-pohon di seluruh dunia khususnya di Indonesia sering kali menghadapi sejumlah masalah yang mengancam produksi oksigen mereka.Beberapa persoalan yang muncul seperti deforestasi yang meluas, perubahan iklim yang merusak, polusi udara yang meningkat, dan ancaman penyakit serta hama.

Semua masalah ini saling terkait dan berpotensi mengurangi ketersediaan oksigen yang sangat kita butuhkan untuk menjaga kualitas udara dan keberlanjutan ekosistem planet kita. Mari kita tanyakan pada diri kita masing-masing, masihkah kita merasa bahwa menanam pohon itu tidaklah begitu penting? Menanam pohon bukanlah tugas yang rumit atau mahal. Kita tidak harus menanam pohon besar yang memakan banyak ruang. Kita bisa memulainya dengan menanam tunas pohon kecil.

Oleh karena itu, yuk Travelovers kita galakkan kebiasaan menanam pohon dan merawat taman di sekitar lingkungan kita. Selain memberikan keindahan dengan dedaunan yang rindang, tindakan ini juga berdampak positif pada peningkatan kualitas oksigen di sekitar kita. Semuanya dimulai dengan satu pohon kecil, dan dengan begitu, kita dapat menjadi bagian dari gerakan positif yang lebih besar. Lebih dari itu, kita berpotensi memberikan warisan hijau yang berkelanjutan untuk generasi penerus kita.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama

Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

 

Ananda Prasetia | STIP Batch 5

 

Baca Juga: Mengenal Carbon Offsetting: Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya

Share this Article