Village Voluntrip: Penanaman 200 Bibit Pohon di Desa Wisata Jatimulyo


Oleh Admin | Senin, 15 Mei 2023 15:24 | 1030 kali


Press Release

Yogyakarta, 15 Mei 2023

Travelxism kembali menghadirkan carbon offsetting program dalam kegiatan Village Voluntrip di Desa Wisata Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo pada Sabtu (13/5). Kegiatan ini merupakan bagian dari usaha berkelanjutan dari Travelxism sebagai start-up yang berfokus dalam mengusung dan mewujudkan nilai sustainability tourism di Indonesa dengan melakukan penanaman 200 bibit pohon Mahoni di Desa Wisata Jatimulyo.

Desa Wisata Jatimulyo merupakan desa yang menawarkan berbagai objek wisata alam yang menarik. Melihat potensi wisata yang dimiliki, dibutuhkan juga pentingnya menjaga ekosistem alamnya. Lokasi yang dipilih untuk menjadi tempat penanaman bibit pohon merupakan lokasi yang membutuhkan pohon besar untuk menahan tanah. Diikuti oleh 48 peserta, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak generasi muda untuk menjaga keseimbangan ekologis dengan membantu mencegah terjadinya tanah longsor serta menjaga konservasi air di sekitar Desa Wisata Jatimulyo.

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi terkait carbon offsetting program oleh CEO Travelxism, Gilang Ahmad Fauzi. “Dengan kegiatan voluntrip ini, kita berusaha untuk mengurangi emisi karbon dari kegiatan wisata yang kita lakukan, salah satunya dengan menanam pohon di sekitaran Desa Wisata Jatimulyo,” ujarnya. Setelah itu, para peserta melakukan penanaman 200 bibit pohon mahoni di area yang telah ditentukan. Kegiatan ini juga berkolaborasi  dengan Kelompok Tani Sri Rahayu yang membantu para peserta dalam menanam bibit.

Selain kegiatan penanaman pohon, voluntrip dilanjutkan dengan kegiatan wisata ke Air Terjun Kembang Soka. Setelah itu, para peserta juga diajak untuk menikmati makan siang dengan nasi dekon. Nasi dekon merupakan salah satu bentuk zero-plastic program karena penyajiannya yang dibungkus dengan daun jati. “Ini merupakan pengalaman baru buat aku terutama dalam menanam pohon mahoni, dapet ciblon (main air) juga di Kembang Soka, terus dapet kuliner juga yang belum pernah aku rasain sebelumya!” ujar salah satu peserta, Della Puspita dari STP Ampta Yogyakarta.

Dengan mengikuti kegiatan voluntrip ini, para peserta telah berkontribusi terhadap pengurangan emisi karbon sebesar 2,2 ton per 1 siklus pohon hidup Mahoni, mengkonservasi sumber air di Desa Jatimulyo, serta membantu mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor. Selain itu, Travelxism juga membuka kesempatan bagi masyarakat yang tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut secara langsung untuk turut mengambil peran dengan berdonasi membeli bibit pohon mahoni.

Travelxism masih akan mengadakan voluntrip dengan objek wisata yang berbeda. Untuk dapat berpartisipasi dalam kegiatan voluntrip selanjutnya, terus pantau informasi terbaru dari kami melalui sosial media @Travelxism dan juga website resmi Travelxism.com!

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Marketing Communication PT Gemilang Media Wisatama

Cecilia Pretty Grafiani

Telepon 0821-3825-9580, info@travelxism.com

Baca Juga: Bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sleman, Travelxism Dukung Pengembangan Bisnis Digital Melalui Pelatihan Copywriting

Share this Article