11+1: Pameran Lukisan dari Arang dan Nostalgia Tentang Sepakbola


Oleh Admin | Jumat, 02 Desember 2022 07:08 | 1205 kali


Gelora Piala Dunia 2022

Semarak pesta bola dunia 2022 memberikan banyak sekali dorongan-dorongan dari berbagai sektor untuk turut menyemarakkan pesta bola dunia, mulai dari iklan-iklan dari berbagai macam brand yang berbau pesta bola dunia, supermarket-supermarket yang memasang atribut pesta bola dunia, hingga yang tak kalah unik adalah hadirnya pameran tentang sepakbola.

Kalo biasanya pameran adalah pameran patung, lukisan, dan sebagainya, kali ini di Jogja ada pameran sepakbola. Kamu pernah mendengar sebelumnya? Tapi, bukan, bukan pameran sepakbola yang memamerkan sepatu, bola, apalagi jersey, melainkan yang dipamerkan adalah lukisan di atas kanvas putih. Uniknya, lukisan ini dilukis menggunakan arang. Kamu baru tau?

Galih Satrio, adalah nama seniman yang saat ini tengah mengadakan pameran tunggal tentang sepakbola. Pameran tunggalnya ini turut menyemarakkan gelaran pesta bola dunia melalui berbagai macam lukisan pemain sepakbola seperti, Zidane, Messi, dan pemain lainnya dari berbagai negara, dengan menggunakan arang.

Nama pameran ini adalah 11+1 A Solo Exhibition By Galih Satrio. Terdapat 12 lukisan memukau yang terpajang. Momen pesta bola dunia 2022 ini dimanfaatkan oleh Galih Satrio, karena pada ceritanya, ia sendiri memiliki cerita pada usia 10 tahun, yang ketika itu juga bertepatan dengan pesta bola dunia.

Dua belas lukisan yang terpajang di pameran ini, semuanya telah ditulis oleh masing-masing penulis, yang kemudian semuanya diungkapkan oleh Puthut EA dalam tulisan yang terpajang di tembok tempat saat masuk galeri. Saat di tangga, kamu juga akan melihat beberapa gambar di setiap anak tangga yang kamu lalui.

Diadakannya pameran ini, Galih Satrio ingin mengajak siapa pun yang hadir dalam pameran ini untuk bernostalgia bersama-sama, dan mengingat kembali pesta bola dunia pada tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya pameran, pada hari pertama pameran ini dilaksanakan, turut mengundang dari berbagai kalangan yang menyukai dan berkecimpung di dunia sepakbola, mulai dari penulis buku tentang sepakbola, jurnalis sepakbola, serta mengajak beberapa penulis untuk turut menulis tentang lukisan yang dilukisnya.

Pameran ini berlangsung pada 26 November–4 Desember 2022. Kalo kamu penasaran dan ingin melihat langsung, segara datang ke Garasi Tirtodipuran 17.

Galih Satrio adalah seorang ilustrator yang kerap menggunakan tema sepakbola dalam ilustarsinya. Hal itu yang akhirnya membuat dirinya kerap mendapatkan tawaran untuk membuat ilustrasi dari klub-klub tenama dunia seperti PSG, Juventus, Manchester City, Chelsea, Premier League, bahkan hingga FIFA.

Nama pameran tunggalnya ini adalah 11+1. Meski hanya angka, tetapi memiliki makna yang dalam. 11 adalah jumlah pemain sepakbola dalam satu tim. Sedangkan +1, adalah 1 faktor pembeda dari sepakbola itu sendiri yang bisa mengubah permainan maupun hasil, seperti taktik, cuaca, dan lainnya, yang bisa mengubah jalannya pertandingan. Dan dalam pameran ini, ada 12 lukisan, dan satu dari 12 lukisan tersebut ada yang menjadi pembeda.

Untuk menyiapkan pameran tunggalnya ini, Galih Satrio melukis semua lukisannya dalam kurun waktu 2 bulan. Lamanya produksi lukisan, bukan pada saat melukisnya, melainkan pra produksi saat mencari dan menyusun konsep pada lukisan yang akan di gambar.

 

Sylvanto Budi Utomo | STIP Batch 3 | Universitas Ahmad Dahlan

Baca Juga: PT Garuda Indonesia Selenggarakan pelatihan di Desa Tepus bersama STIP Travelxism Batch 3

Share this Article