Jaga Ekosistem Laut Dengan Edukasi Sampah dan Pelepasan Penyu


Oleh Admin | Senin, 28 November 2022 05:49 | 723 kali


Press Release

Yogyakarta, 26 September 2022

Travelxism, sebuah startup yang bergerak di bidang pariwisata, mengadakan kegiatan Beach Voluntrip di Pantai Goa Cemara, Kab. Bantul, pada Sabtu (24/9).

Dengan mengangkat tema “Jalan-jalan Sambil Menjaga Bumi”, kegiatan yang dipandu oleh Dewi Aryani dan Khairu Farras (peserta STIP Travelxism Batch 3) ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Travelxism, sebuah startup yang bergerak di bidang pariwisata, mengadakan kegiatan Beach Voluntrip di Pantai Goa Cemara, Kab. Bantul, pada Sabtu (24/9). Dengan mengangkat tema “Jalan-jalan Sambil Menjaga Bumi”, kegiatan yang dipandu oleh Dewi Aryani dan Khairu Farras (peserta STIP Travelxism Batch 3) ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk penerapan prinsip pariwisata berkelanjutan.

“Kegiatan ini berfokus untuk memberikan edukasi dan manfaat,” ujar Fikri Hambali, peserta STIP Travelxism Batch 3 yang juga berperan sebagai panitia Beach Voluntrip. Dengan menyinggung enam poin dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), seluruh peserta diharapkan dapat berkontribusi pada kestabilan ekosistem laut yang mulai tercemar oleh sampah.

Keseruan kegiatan semakin tampak usai sosialisasi dan edukasi diberikan. Dua puluh enam (26) peserta yang hadir dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berlomba mengumpulkan sampah. Travelxism memberikan hadiah berupa tiket Virtual Tour ke London bagi kelompok yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak.

Desi, salah satu peserta Beach Voluntrip yang berasal dari Klaten, mengaku bahwa kegiatan ini terasa menyenangkan dan bermanfaat. “Seru banget. Setiap sesi terasa dipersiapkan dengan matang. Saat pelepasan penyu diberikan (sentuhan) emosional,” ujar Desi.

 

Ashila Chayapatha Dzikra | STIP Travelxism Batch 3 | Universitas Gadjah Mada

Baca Juga: HUT Kota Yogyakarta: Sejarah dan Fakta Unik yang Perlu Kamu Ketahui!

Share this Article