Pengembangan Desa Wisata Selopamioro Melalui Pelatihan Penguatan Kelembagaan POKDARWIS Bersama Travelxism


Oleh Admin | Selasa, 19 Maret 2024 05:41 | 326 kali

Penyampaian Materi oleh Vinia R. Primawati, S.IP., selaku Director of Media Production Travelxism.

Press Release Pelatihan Penguatan Kelembagaan POKDARWIS bagi Desa Wisata Selopamioro

Bantul - Rabu (6/03/2024), Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul kembali menyelenggarakan pelatihan penguatan kelembagaan Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) pada tanggal 6 Maret 2024 di Desa Wisata Selopamioro, Imogiri, Bantul. Pelatihan ini bertempat di Griya Dahar Bu Dami, Nawungan, Selopamioro dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas POKDARWIS dalam mengelola desa wisata secara efektif dan berkelanjutan.

Sebanyak 20 lebih anggota POKDARWIS Desa Wisata Selopamioro mengikuti pelatihan yang meliputi penyusunan paket wisata, praktik pembuatan paket wisata, pemasaran digital, dan pengelolaan media sosial. Materi pelatihan ini juga disampaikan oleh para pakar di bidang pariwisata dan praktisi yang berpengalaman dari Travelxism.

Pada rangkaian pertama, kegiatan pelatihan ini membahas tentang “Penyusunan Paket Wisata di Desa Wisata” dengan pembicara Gilang A. Fauzi, S.S., MDS., M.Sc., selaku CEO & Founder Travelxism. Materi ini meliputi identifikasi potensi wisata, segmentasi pasar, penetapan harga, dan promosi paket wisata.

Kemudian, pada sesi kedua tentang “Praktik Pembuatan Paket Wisata” dengan pembicara yang sama, yaitu Mas Gilang, para peserta pelatihan diajati untuk membuat paket wisata berdasarkan potensi desa wisata yang dimiliki.

Selain tentang paket wisata, para peserta pelatihan juga diajari tentang bagaimana melakukan pemasaran digital. Pada sesi ini, materi diisi oleh Vinia R. Primawati, S.IP., selaku Director of Media Production Travelxism. Materi pelatihan mencakup tentang bagaimana mengelola media sosial dengan baik dan efektif untuk meningkatkan wisatawan dan promosi penjualan produk UMKM.

Para peserta magang Travelxism Batch 6 pun turut berpartisipasi untuk membimbing peserta pelatihan dalam menggunakan aplikasi Whatsapp Business dan Bard. Kedua aplikasi tersebut diharapkan dapat membantu mempermudah promosi para pelaku UMKM di era teknologi saat ini.

Pada sesi terakhir yaitu tentang pengelolaan media sosial, materi ini disampaikan oleh salah satu peserta magang Travelxism Batch 6, Salfa Nefitka sebagai Junior Digital Excecutive Social Media. Para peserta pelatihan diajak berkenalan dengan aplikasi CapCut dan TikTok sebagai dua aplikasi yang sedang menjadi trend saat ini. Dari aplikasi tersebut juga diharapkan para peserta terbantu untuk membuat konten pemasaran bagi produk UMKM mereka dan wisata yang ada di Desa Selopamioro.

Salah seorang peserta pelatihan yang tidak bisa disebutkan namanya memberikan apresiasi terhadap acara yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul ini. “Acara ini bagus dan membantu para pelaku usaha UMKM dan mendorong kegiatan wisata di Desa Selopamioro agar maju. Kita jadi dapat mengetahui cara menyusun paket wisata secara terarah sehingga bisa memanajemen kegiatan dengan baik,” ucapnya. “Harapannya, dari acara ini dapat menjadi batu loncatan agar wisata di Desa Selopamioro dapat meningkat.”

Dari pelatihan yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pariwisata di wilayah ini. Selain itu, ilmu yang telah disalurkan dapat diterapkan dengan baik bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi:

Admin PT Gemilang Media Wisatama

Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Hanantomo | STIP Batch 6

Baca Juga: Village Voluntrip: Penanaman 200 Bibit Pohon di Desa Wisata Jatimulyo

Share this Article