Gelar Training Kalurahan Ambarrukmo Agridaya, Peserta Siap Meningkatkan Kualitas Homestay di Yogyakarta


Oleh Admin | Rabu, 29 November 2023 04:04 | 733 kali

Foto Bersama Peserta Training Kelurahan Ambarrukmo Agridaya. (dok. Travelxism)

Press Release

YOGYAKARTA - Pada Selasa (21/11/2023), Ambarrukmo menggelar acara “Training Kalurahan – Ambarrukmo Agridaya”. Acara yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta & Grand Ambarrukmo ini berisi beberapa aktivitas yang dilakukan untuk training 3 kelurahan di Yogyakarta, seperti Penjelasan tentang menu dan resep makanan hotel, pengertian table manner, fungsi front office di sebuah hotel, grooming dan juga house keeping.

Acara ini diikuti kurang lebih 20 orang yang terdiri dari 3 Kelurahan di Yogyakarta, yaitu Pacarejo, Tamanmartani dan Bangunkerto. Lalu ditambah beberapa mentor dari Travelxism dan juga beberapa perwakilan peserta STIP Batch 5 untuk ikut membantu dalam dokumentasi acara.

Pada rangkaian acara pertama berlokasi di Royal Ambarrukmo Yogyakarta dimana kegiatan dimulai pada pagi hari yaitu penjelasan tentang menu dan resep makanan/minuman hotel yang mana bisa dijadikan referensi para kelurahan untuk membuatnya dan menjadi menu di Homestay tiap kelurahan. Tidak hanya dijelaskan bagaimana menu dan resep makanan yang ada di hotel, tetapi juga ditunjukan proses pembuatan makanan/minuman tersebut secara langsung dan diberikan kepada para peserta untuk mencicipi makanan/minuman tersebut.

Lalu, untuk rangkaian acara kedua yaitu ada penjelasan tentang table manner, mulai dari tata cara makan, bagaimana cara duduk, cara menggunakan peralatan makan dan etika yang diterapkan ketika makan. Selain itu, juga ada ada tata cara para waiter hotel menyajikan makanan untuk tamu.

Setelah rangkaian kedua selesai, kegiatan dilanjutkan tentang edukasi tentang front office di sebuah Hotel, dimana front office sendri merupakan orang yang melayani pelanggan hotel untuk mempersiapkan pemesanan kamar yang diinginkan oleh pelanggannya. Namun, jika ditelusuri lebih dalam, ada beberapa penjelasan lain tentang front office itu sendri, yaitu mulai dari pengertian front office, tugas dari front office, serta pengalaman-pengalaman menjadi front office. Selanjutnya dijelaskan juga tentang grooming yang saling berhubungan dengan front office.

Dari dua rangkaian kegiatan yang telah dilakukan tersebut, dilanjutkan dengan sedikit penjelasan dan sesi tanya jawab dengan General Manager dari Royal Ambarrukmo Yogyakarta (Bpk. Herman Courbois) mengenai program “Training Kelurahan – Ambarrukmo Agridaya”.

Untuk rangkaian kegiatan yang terakhir, yaitu seluruh peserta berpindah lokasi menuju Grand Ambarrukmo untuk ISOMA dan dilanjutkan workshop tentang Housekeeping. Setelah workshop tentang Housekeeping selesai, seluruh peserta ditunjukan langsung bagaimana cara melakukan Housekeeping yang baik dan benar serta sesuai SOP sebuah hotel. Beberapa kegiatan yang diperlihatkan seperti melihat kamar extra bed atau kamar yang paling luas di hotel, melipat sprei kamar hotel dengan waktu yang singkat dan juga menghias kamar hotel dengan handuk yang dibuat seperti angsa yang merupakan salah satu contoh dekorasi kamar yang biasa digunakan pengantin baru untuk honeymoon.

Yang terakhir, sebelum menutup kegiatan, peserta melakukan foto bersama, kemudian para peserta pulang menuju tempat masing-masing mereka tinggal pada sore hari.
 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama
Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Reza Mulia Rahmandana | STIP Batch 5

Baca Juga: Tips Liburan Bareng Keluarga: 6 Tips Ala Orang Tua Cerdas

Share this Article