Travelxism Acceleration Class (TRAC) Kembali Digelar, Bahas Tips Sukses Jadi Freelancer Remote!


Oleh Admin | Selasa, 28 November 2023 12:42 | 313 kali

Antusiasme peserta STIP mengikuti kegiatan pelatihan Building Remote Work through Freelancer pada Jum’at siang. (24/11/2023)

Press Release

YOGYAKARTA - Travelxism sukses menyelenggarakan kegiatan Travelxism Acceleration Class (TRAC) dengan topik “Building Remote Work through Freelancer”. Pelatihan ini diikuti oleh 34 peserta Sustainable Tourism Internship Program (STIP) Batch 5 dengan mendatangkan pemateri Bertha S Rahajeng selaku Freelance Influencer, pelatihan berlangsung pada tanggal 24 November 2023 di Allstay Ecotel, Sleman, Yogyakarta .(24/11/2023)

Dalam pelatihan ini, Bertha memaparkan bagaimana caranya memulai karir sebagai freelancer remote melalui beberapa situs yang kredibel seperti Upwork. Peserta juga diajarkan untuk mengenali potensi diri dan peduli tentang pekerjaan digital yang tengah berkembang saat ini.

"Tantangan freelancer saat ini adalah kompetisi yang sangat ketat karena semenjak COVID-19, gaya kerja remote dan hybrid semakin banyak digemari oleh orang-orang terutama generasi Z," ujar Bertha. 

"Oleh karena itu, sebagai freelancer harus membangun reputasi yang baik. Kalian harus lebih mempersiapkan diri, dengan cara kalian terus terusan dapat client, dan setiap dapat client, harus bisa mengerjakannya secara baik." sambungnya.

Pelatihan ini disambut dengan antusiasme yang luar biasa oleh seluruh peserta, termasuk Yulianto Tri Atmojo, peserta STIP Batch 5 dari divisi Tourism Sociopreneur for UMKM Product (SOSPRO) yang menyatakan rasa senangnya dapat ikut serta. Melalui pelatihan ini ia menjadi lebih aware terhadap pekerjaan baru di bidang digital dan menambah semangatnya untuk belajar lebih dalam lagi.

“Pelatihan ini benar-benar memberikan informasi yang saya butuhkan. Dalam pelatihan ini dijelaskan bagaimana step by step memilih platform yang tepat untuk seorang freelancer, bagaimana cara membuat portofolio untuk apply job ke client, kemudian juga cara mengatasi persoalan yang nantinya akan ditemukan ketika menjalin kerjasama dengan client. dari situ juga saya mendapatkan ilmu seperti trik mendapatkan client dengan gampang. Semua informasi ini bisa diterapkan berharga dalam karier saya." Ujar Yulianto.

Pada akhir pelatihan, Bertha menyampaikan bahwa sebagai freelancer, kita harus terus melatih aset dalam diri kita. Salah satu caranya adalah dengan mencari kesempatan untuk terus belajar melalui project-project yang nantinya akan diberikan oleh client. Setiap project yang dikerjakan, pasti ada yang bisa kita pelajari, baik itu keterampilan baru, pengetahuan baru, atau pengalaman baru.

Dengan terus belajar dan mengembangkan diri, kita akan menjadi freelancer yang lebih kompeten dan profesional. Kita juga akan lebih mudah untuk mendapatkan client dan mengerjakan project-project yang lebih besar dan menantang.
 

Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan media, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama
Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Ananda Prasetia | STIP Batch 5

 

Baca Juga: Pelatihan Foto Produk sebagai Upaya Mempersiapkan Digitalisasi UMKM di Yogyakarta

Share this Article