Voluntrip Jatimulyo Kembali Digelar, Travelxism Kedatangan Peserta dari Mancanegara


Oleh Admin | Rabu, 25 Oktober 2023 08:20 | 513 kali


Press Release

YOGYAKARTA - Pada Sabtu (14/10/2023), Travelxism menggelar Voluntrip Jatimulyo 2.0 di Desa Wisata Jatimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Acara yang digelar di ujung provinsi DIY ini berisi beberapa aktivitas seperti penanaman bibit pohon Tabebuya, pelepasan burung, dan rekreasi di Sungai Mudal.

Acara ini diikuti lebih dari 40 orang dari peserta STIP batch 5 dan beberapa relawan dari Yogyakarta. Bahkan, salah satu peserta juga ada yang berasal dari luar negeri yakni Ihsan Khalifa, mahasiswa asal Sudan. 

Perjalanan dari Terminal Ngabean sebagai titik kumpul menuju lokasi acara ditempuh selama kurang lebih 2 jam menggunakan bus. Sesampainya di Desa Wisata Jatimulyo, peserta memulai agenda pertama yakni penanaman bibit pohon Tabebuya dan pelepasan burung. Masing-masing peserta mendapatkan 1 bibit pohon untuk ditanam di beberapa titik di Jatimulyo. Para peserta terbagi menjadi 4 kelompok dan menanam bibit-bibit Tabebuya secara bergiliran. Setiap bibit juga diberikan gantungan bertuliskan nama-nama dari penanam bibit tersebut.

Pohon Tabebuya menjadi tanaman yang dipilih karena pohon tersebut sangat berguna dari segi keindahan dan penghijauan lahan. Meskipun akan tumbuh menjadi pohon berkayu keras, Tabebuya tidak akan merusak tembok atau rumah yang tumbuh di sekitarnya. Selain itu, Tabebuya juga akan tampak indah ketika tumbuh menjadi besar karena sekilas terlihat seperti pohon sakura. Tabebuya memiliki ketahanan hidup yang tinggi pada cuaca kering sehingga cocok untuk penghijauan yang umumnya dihadapkan oleh kurangnya penyiraman di musim kemarau.

Setelah menanam bibit Tabebuya, peserta berkumpul di puncak salah satu bukit melakukan pelepasan burung. Agenda ini dilakukan sebagai penanda bahwa Desa Wisata Jatimulyo merupakan desa yang ramah burung. Pelepasan burung ini dilakukan secara serentak oleh seluruh peserta Voluntrip.

Usai berkegiatan di Desa Jatimulyo, peserta bergerak menuju objek wisata Sungai Mudal. Di sana, peserta beristirahat serta melakukan makan siang bersama. Menu makan siang di Voluntrip ini sangat unik, yakni nasi Dekon. Nasi Dekon merupakan salah satu solusi dari penerapan zero waste-food karena makanan tersebut disajikan menggunakan daun jati. Dengan begitu, sampah makanan yang dihasilkan bisa diminimalisasi.

Sebelum menutup kegiatan, peserta berekreasi di Ekowisata Sungai Mudal. Ekowisata Sungai Mudal yang masih berada di kawasan Desa Wisata Jatimulyo merupakan tempat wisata yang berisi pemandian dan beberapa gazebo untuk bersantai. Peserta kemudian menikmati waktu bersantai bersama sebelum kembali ke Terminal Ngabean pada sore hari.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama
Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Raihan Musthafa A | STIP Batch 5

Baca Juga: Mengenal Carbon Offsetting: Pengertian, Manfaat, dan Dampaknya

Share this Article