Travelxism Ajak Relawan Lestarikan Pandan Laut dan Belajar Konservasi Penyu Lewat Voluntrip


Oleh Admin | Selasa, 24 Oktober 2023 10:42 | 611 kali


Press Release

YOGYAKARTA - Pada Sabtu (30/9/2023), Travelxism menggelar Voluntrip Lestari Pandan Laut. Acara diselenggarakan di Pantai Pelangi, Kabupaten Bantul. Voluntrip ini berisi kegiatan berupa edukasi alam, rekreasi, serta aksi lingkungan berupa penanaman bibit pandan laut dan bersih pantai. Ada sekitar 70 bibit pandan laut yang ditanam di kawasan pesisir, tepatnya di tempat konservasi penyu Pantai Pelangi. Melalui acara ini, Travelxism ingin turut serta dalam pencegahan abrasi yang kerap terjadi di pantai selatan dengan serangkaian kegiatan tersebut. Voluntrip Lestari Pandan Laut diikuti oleh beberapa volunteer dari beberapa kampus di Yogyakarta. Beberapa peserta berasal dari UII, ISI, UTY, dan juga AMIKOM.

Travelxism menggandeng 4K Aksi Konservasi Lingkungan wilayah Pantai Pelangi untuk menggelar edukasi. Edukasi yang dilakukan merupakan edukasi mengenai tanaman pandan laut yang dianggap memiliki banyak manfaat bagi lingkungan. Tanaman pandan laut dipercaya dapat mencegah abrasi, erosi, serta menyerap hampir 100 kilogram carbon offsetting per 1 pohon hidup. Dari 70 bibit yang ditanam pada Voluntrip kali ini, diharapkan hampir 7 ton carbon offsetting mampu terserap oleh pohon pandan laut tersebut.

Selain manfaat bagi kelestarian alam, pandan laut juga memiliki nilai jual yang tinggi. Selain edukasi tentang benefit tanaman ini, peserta juga diajarkan tentang teknis penanaman pandan laut yang juga dilaksanakan pada Voluntrip kali ini. Bibit pandan laut yang ditanam merupakan donasi dari beberapa donatur. 

Di samping itu, edukasi juga dilakukan dengan melakukan tur ke konservasi penyu. Di sana, peserta mendapatkan wawasan baru tentang proses konservasi penyu dari proses merawat telur hingga pelepasan tukik yang ternyata memiliki prosedur yang ketat. Telur penyu perlu dirawat sedemikian rupa karena disinyalir, persentase kegagalan pada pengembangannya mampu berkisar hingga 75% setiap penyu bertelur. Terdapat beberapa tahap pengembangan telur yang perlu diawasi dengan ketat oleh kawan-kawan dari 4K ini. Sebab, dalam beberapa kasus, telur-telur yang dirawat habis dimakan oleh predator atau dicuri oleh warga karena khasiatnya untuk kesehatan.

Setelah mendapatkan insight baru soal pandan laut dan penyu, peserta juga diajak untuk berekreasi di Pantai Pelangi. Namun, tidak hanya itu, Travelxism mengajak volunteer untuk melakukan aksi lingkungan berupa bersih pantai. Pantai Pelangi dikenal sebagai pantai yang kerap mendapatkan kiriman sampah dari sungai-sungai. Maka, perlu dilakukan pembersihan kawasan pantai agar terbebas dari sampah. Selain itu, sampah-sampah tersebut juga dikumpulkan oleh para peserta untuk kemudian diolah menjadi ecobrick yang bermanfaat bagi lingkungan berkelanjutan.

Voluntrip Lestari Pandan Laut merupakan acara Voluntrip pertama pada program STIP (Sustainable Tourism Internship Program) batch 5. Sebelumnya, Travelxism menggelar Voluntrip di beberapa kawasan wisata lainnya seperti Pantai Baros, Pantai Goa Cemara, dan Desa Jatimulyo. 

 

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama
Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Raihan Musthafa A | STIP Batch 5

Baca Juga: Webinar World Tourism Day: Rethinking Tourism for the New Era of Tourism

Share this Article