Ngabuburit di Kampung Ramadan Jogokaryan: Ratusan Pedagang Bazar Hingga 3.000 Takjil Gratis


Oleh Admin | Rabu, 12 April 2023 05:54 | 548 kali


Trivia

Yogyakarta – Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nanti umat muslim di seluruh dunia. Tiap negara tentunya memiliki tradisi sendiri dalam menyambut bulan suci ini, tak terkecuali Indonesia. Indonesia memiliki beberapa tradisi dalam menyambut ramadan, salah satunya adalah kampung ramadan.

Kampung ramadan adalah sebuah kawasan untuk mengadakan kegiatan yang biasanya hanya digelar di bulan suci ramadan, misalnya bazar yang menjual aneka macam takjil. Berburu takjil menjadi rutinitas ketika ramadan tiba, orang-orang mencari dan membeli berbagai jenis makanan ringan untuk berbuka puasa. Salah satu tempat berburu takjil yang cukup ramai didatangi oleh masyarakat Jogja adalah Kampung Ramadan Jogokaryan (KRJ).

Kampung Ramadan Jogokaryan menghadirkan hampir 300 stan bazar yang menjual berbagai menu jajanan dan minuman, mulai dari yang tradisional hingga jajanan masa kini pun ada. KRJ ini digelar di sepanjang Jalan Jogokaryan. Suasana semakin ramai menjelang waktu berbuka, para pedagang berjejer rapi di samping kanan dan kiri jalanan sambil sesekali saling sahut menjajakan dagangannya. Kampung ini juga dihiasi dengan ornamen-ornamen serta lampu yang memperkuat atmosfer bulan ramadan yang khas.

Tidak hanya bazar yang menjadi incaran pengunjung, banyak dari mereka datang ke sini untuk buka puasa bersama di Masjid Jogokaryan karena pengelola masjid juga turut menyediakan 3.000 porsi takjil yang dibagikan tiap hari nya. Buka bersama di Masjid Jogokaryan ini menjadi salah satu kegiatan amal yang diadakan oleh pengurus masjid. Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun selama ramadan dengan harapan agar masyarakat dapat berkumpul mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara umat.

Akses menuju lokasi KRJ sangat mudah ditempuh baik dengan kendaraan atau berjalan kaki, bagi pengunjung yang membawa kendaraan bisa memarkir kan kendaraan di tempat-tempat parkir yang tersedia di ujung gang. Karena sepanjang gang Jogokaryan ini cukup padat, jadi lebih enak jika berjalan kaki saja, selain lebih santai juga lebih nyaman untuk seluruh pengunjung. KRJ dapat di datangi saat sore hari, banyak pedagang yang sudah siap berjualan mulai pukul 15.00, mereka berjualan hingga malam selepas tarawih atau hingga dagangannya habis.

Bari Sarifudin | STIP Batch 4 | UPN “Veteran” Jawa Timur

Baca Juga: Kampanye Sustainable Tourism Product Travelxism dalam Event Land of Ideas (LOI) 2023

Share this Article