Beach Voluntrip: Penanaman Mangrove sebagai Upaya Menjaga Bumi


Oleh Admin | Kamis, 15 Desember 2022 04:30 | 758 kali


Press Release

Pada Sabtu (3/12), Travelxism kembali mengadakan Beach Voluntrip yang dilaksanakan di Kawasan Mangrove Pantai Baros, Gunungkidul. Dengan mengangkat tajuk #SatuBibitmuSangatBerarti, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dalam menjaga bumi dan menjaga kelestarian lingkungan.

Sebagai upaya untuk mengurangi tingkat abrasi di kawasan Pantai Selatan, Travelxism mengajak peserta Beach Voluntrip untuk membersihkan pantai dan melakukan penanaman bibit mangrove sejumlah 305 bibit. Diikuti oleh 35 peserta yang mayoritas masih mahasiswa, Travelxism sebelumnya juga membuka kesempatan untuk berdonasi bibit mangrove bagi masyarakat yang berhalangan hadir secara langsung di kegiatan Beach Voluntrip.

Kegiatan Beach Voluntrip diawali dengan sosialisasi terkait mangrove dan jenis-jenis sampah, kemudian dilanjutkan dengan aksi membersihkan pantai dan menanam bibit mangrove. Tidak hanya itu, para peserta juga diajak untuk melakukan tur di sekitar Pantai Baros menggunakan perahu.

“Saya banyak mendapatkan pengalaman baru karena di daerah asal saya (Kalimantan) biasanya menanam di hutan, tapi kali ini saya menanam di pantai. Seru banget!,” ujar Hanan, salah satu peserta Beach Voluntrip yang berasal dari UNY.

Selain itu, Asti, mahasiswa asal UNS, juga mengaku mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. “Biasanya kan menanam di sawah, kali ini mendapat pengalaman untuk menanam di pantai,” ujar Asti.

 

Ashila Chayapatha Dzikra | STIP Travelxism Batch 3 | Universitas Gadjah Mada

Baca Juga: Wajib Tahu! 4 Perbedaan Pura Mangkunegaran dan Keraton Solo

Share this Article