info@travelxism.com +6281249605055

Langkah Tepat Berwisata di Jogja Saat Musim Hujan


Oleh Admin | Selasa, 15 November 2022 05:54 | 146 kali


-

Akhir-akhir ini kalian juga ngerasa kalo tiap hari hujan mulu enggak, sih? Tiap mau ke mana aja, bawaannya pasti males, ujung-ujungnya pasti enggak jadi pergi. Akhirnya, gagal berwisata, deh.

Dalam kondisi cuaca seperti ini, tentunya  perlu persiapan lebih supaya kegiatan yang dilakukan, apalagi berwisata, dapat berjalan dengan baik & lancar dan bisa menikmati liburan lebih maksimal!

Apalagi buat kalian yang mau liburan ke Jogja, dengan letak geografis di tengah-tengah gunung dan laut. Jadi kalo mau berlibur ke Jogja, bisa mengunjungi kedua wisata tersebut, yang sudah bisa dipastikan kalo malam dinginnya terasa.

Tempat wisata di Jogja juga kebanyakan wisata alam yang mana tempatnya outdoor dan rentan banget kena hujan. Kalo enggak bener-bener dipersiapkan dengan matang, bisa berantakan kan agenda liburannya.

Nah, agar momen liburan kalian dapat dinikmati secara maksimal, di bawah ini ada tips langkah tepat berwisata saat musim hujan di Jogja. Enggak lucu juga kan liburan yang  niatnya seneng-seneng malah bete karena cuaca. Duh!

So, simak dan catat baik-baik tips berikut ini, ya!

1. Siap sedia payung & mantol

Payung & mantol adalah senjata utama ketika menghadapi musim hujan saat menjalankan kegiatan apa pun. Selain terhindar dari basah, kedua benda ini juga berfungsi sebagai proteksi diri agar tidak sakit. Dan pastinya, meski harus ribet memakai mantol atau membawa payung, tapi kedua benda ini cukup efektif, ya, buat terhindar dari basah karena air hujan.

Nah, syukurnya, di Jogja banyak supermarket dan menjual mantol serta payung untuk persiapan libur kalian di Jogja, loh! Jadi, jangan khawatir, ya!

2. Kenakan pakaian tebal & hangat

Mengenakan pakaian hangat dan tebal penting saat berlibur kala musim hujan. Perubahan suhu udara yang menjadi lebih dingin akan membuat kita rentan terkena penyakit, apalagi ketika menjalani aktivitas seperti liburan, tentunya menyiapkan pakaian tebal dan hangat dengan ekstra adalah langkah yang bagus. 

Kalo lagi liburan di Jogja yang notabenenya banyak wisata alam, enggak mungkin cuma mendekam di penginapan doang, kan?

3. Penuhi kebutuhan pokok tubuh seperti vitamin, mineral, & karbohidrat

Dalam menjaga daya tahan kita, tubuh memerlukan beberapa kebutuhan pokok seperti vitamin, mineral, & karbohidrat.

Nah, pada musim hujan saat ini, sebisa mungkin kalian menjaga daya tahan tubuh, ya! Apalagi, kalau ada rencana liburan atau sedang liburan. Kan enggak asik, udah direncakan jauh-jauh hari, malah sakit. So, sebisa mungkin minum yang banyak sesuai aturan minimal dan makan buah, ya!

Tenang, di Jogja banyak penjual buah. Mau di supermarket, pasar tradiosional, pinggir jalan, atau ke kebun buahnya langsung? Ada!

4. Menjaga pola & asupan makan

Saat musim hujan datang, ada beberapa perubahan yang terjadi kepada lingkungan kita, salah satunya adalah berkembang biaknya penyakit yang menular melalui serangga maupun hewan. 

Untuk mencegah masuknya penyakit kedalam tubuh kita, kita harus pintar dalam memilah apa yang akan kita makan. Perhatikan kebersihan dan higienitas makanan & tempat makan, serta jaga pola makan dengan baik & teratur, kedua hal tersebut juga merupakan faktor yang membentuk daya tahan diri kita.

Kalo urusan kuliner, Jogja bisa diperhitungkan, loh! Jadi, enggak ada alasan lagi, ya, buat nahan laper dan pola makannya berantakan saat liburan ke Jogja.

Untuk kalian yang punya agenda liburan atau sedang liburan, ini juga penting, ya! Kadangkala karena cukup bahagianya liburan, sampai lupa menjaga pola makan dan asupan makan. 

Hujan & penyakit bisa datang kapan aja, tapi liburan hanya sesekali aja. Jadi, karena liburan yang cuma sesekali, maka dijaga kesehatan dan cegah penyakit yang bisa datang kapan aja, ya, Travelovers!

 

Izzul Hudia Alfaza | STIP Travelxism Batch 3 | Universitas Sebelas Maret



TAGS:


Share this Article

Similar News

-->