info@travelxism.com +6281249605055

Menyadari & Menjaga Kesehatan Mental


Oleh Admin | Selasa, 15 November 2022 05:50 | 125 kali


-

Banyak orang cenderung menilai orang lain hanya berdasarkan penampilan luarnya entah itu aspek finansial, pendidikan, maupun kesehatan mereka.

Dalam kesehatan kita mengenal kesehatan jasmani dan rohani, dalam artian lain fisik dan mental. Perlu ditekankan bahwa tidak setiap orang yang memiliki fisik yang terlihat segar & bugar pasti memiliki kondisi mental yang baik juga. Pada dasarnya manusia memiliki jiwa yang rapuh, tanpa adanya pijakan akan sangat sulit untuk tetap berdiri kokoh.

Gangguan kesehatan mental secara langsung dapat berakibat pada kepribadian & tingkah laku seseorang, meliputi perubahan suasana hati, kemampuan berpikir, bahkan hilangnya kendali emosi yang merujuk kearah sesuatu yang buruk.

Akhir-akhir ini makin banyak orang yang makin menggaungkan isu kesehatan mental, meningkatnya tingkat depresi masyarakat yang ditandai oleh beragam kasus bunuh diri menjadi salah satu penyebabnya. 

Menjaga kesehatan mental memang sangat penting untuk disadari setiap kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Nahh, kali ini mimin mau berbagi beberapa tips buat kalian semua yang mungkin saat ini sedang tidak baik-baik saja.

1. Self Love 

Hal yang paling basic nihh kalo ngomongin kesehatan mental, adalah Self Love. Yang dimaksud disini bukan memenuhi segala keinginan kita yak, tetapi lebih ke bagaimana perlakuan kita terhadap diri sendiri serta untuk menerima diri sendiri apa adanya. 

2. Tenangkan diri saat hadapi kesulitan

Pernah ngerasa cape, jatuh, mentok dan gada jalan keluar? Pikir baik-baik gimana kamu bisa sampai di detik ini, jangan asal ambil keputusan yang cuma bakal ngerugiin diri kamu dan semua waktu juga perjuanganmu selama ini bakal sia sia.

3. Ratapi & Syukuri

Liat bawah dan renungin hal-hal yang udah kamu dapetin selama ini, yakali gada yang bisa disyukuri. Liat atas dan bayangin banyak hal yang masih bisa kamu capai, bukan waktunya buat berhenti dan menyerah.

4. Teman cerita

Emang gada salahnya kalo lagi ada masalah dipendem sendiri, tapi dengan cerita ke orang lain ternyata kadang bisa mengurangi beban pikiran loh, tapi pastiin orang itu bisa kamu percaya ya.

5. Self Reward

Ngomongin kesibukan duniawi pasti gada abisnya, sesekali pastiin kamu bisa memanjakan diri dengan hal yang kamu suka. Peningkatan serotonin dalam diri kamu bakal berdampak pada suasana hati yang tenang dan bahagia.

Kalo kalian udah bener-bener berada di titik terendah dalam hidup kalian dan gatau harus gimana lagi, you are not alone.

Kalian bisa banget ngehubungin 021-500-454 (Hotline Kesehatan Jiwa Kemenkes) atau 119 (Nomor Darurat).

Take care of yourself guys

 

Izzul Hudia Alfaza | STIP Travelxism Batch 3 | Universitas Sebelas Maret


Share this Article

Similar News

-->