Sebanyak 35 Peserta Antusias Belajar sambil Berwisata tentang Sustainable Tourism dan Pelestarian Lingkungan


Oleh Admin | Kamis, 23 November 2023 16:13 | 326 kali

Peserta foto bersama setelah melakukan serangkaian kegiatan Voluntrip di Kalurahan Tamanmartani. (dok.Travelxism)

Press Release

YOGYAKARTA - Pada Sabtu (18/11/2023), Travelxism menggelar Voluntrip Tamanmartani di Kalurahan Tamanmartani, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti lebih dari 30 orang peserta STIP Batch V dengan beberapa rangkaian kegiatan seperti penanaman bibit pohon aren, pelepasan eco enzyme, penebaran benih ikan, pemberian pakan ternak serta edukasi pupuk kandang.

Selain peserta STIP batch V kegiatan ini juga di ikuti oleh beberapa relawan dari Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta. Bahkan, salah satu peserta juga ada yang berasal dari luar negeri yakni Kosuke, mahasiswa asal Jepang. 

Perjalanan dari Barsa City sebagai titik kumpul menuju lokasi acara ditempuh selama kurang lebih 45 menit menggunakan sepeda motor. Sesampainya di Desa Wisata Tamanmartani, peserta memulai agenda pertama yakni penanaman bibit pohon aren dan pohon beringin serta dilanjutkan dengan penebaran benih ikan di aliran sungai opak. Masing-masing peserta mendapatkan 1 bibit pohon untuk ditanam di beberapa titik di Kalurahan Tamanmartani.

Kegiatan voluntrip merupakan salah satu upaya untuk memperkuat ekonomi dan kearifan lokal di Desa Wisata Tamanmartani. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke desa tersebut.

Bapak Dukuh Cageran, Desa Wisata Tamanmartani, Bapak. Okky, mengatakan bahwa kegiatan voluntrip ini sangat bermanfaat bagi masyarakat termasuk untuk peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kegiatan ini membantu dalam mengembangkan potensi wisata desa kami. Selain itu, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara masyarakat dan wisatawan," kata Okky.

Voluntrip Tamanmartani juga disambut dengan antusiasme yang luar biasa oleh seluruh peserta, termasuk Alby Silmi Maulidan, peserta STIP Batch 5 dari divisi Tourism Sociopreneur for UMKM Product (SOSPRO) yang menyatakan rasa senangnya dapat ikut serta dalam kegiatan pembelajaran ini dari awal hingga akhir. 

“Kegiatannya sangat indah sekali, main ke alam, trus memperhatikan alam juga dalam kegiatannya, juga mendapatkan pengetahuan baru dalam bidang sustainable, bagaimana cara mengolah limbah kotoran sapi menjadi pupuk Kembali, jadi bagus sih, ada edukasinya.” Ucap Alby.

Terakhir, kegiatan Voluntrip Tamanmartani ditutup dengan kunjungan ke UMKM keripik belut, peserta diajarkan bagaimana proses mengolah belut dari awal belut dibersihkan hingga siap untuk dipasarkan. 

Kegiatan voluntrip Tamanmartani merupakan salah satu contoh kegiatan yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Kegiatan ini dapat memperkuat ekonomi dan kearifan lokal di desa wisata, sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

 

Ingin menyelenggrakan program serupa? Jangan ragu untuk menghubungi kami. 

Untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan media, silakan hubungi:

Admin PT. Gemilang Media Wisatama
Telepon 0812-4960-5055, info@travelxism.com

Ananda Prasetia | STIP Batch 5

 

Baca Juga: Pelatihan Foto Produk sebagai Upaya Mempersiapkan Digitalisasi UMKM di Yogyakarta

Share this Article