4 Destinasi Wisata Alam di Sumbawa NTB yang Wajib di Kunjungi


Oleh Admin | Sabtu, 27 Mei 2023 08:49 | 1369 kali


Trivia

Sumbawa berada di salah satu pulau di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Sumbawa memiliki pesona alam yang luar bisa menakjubkan sehingga banyak sekali wisata alam yang sangat memanjakan mata. Keindahan alam yang sangat menawan menjadi daya tarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Tidak heran tempat wisata di Sumbawa saat ini sangat banyak diperbincangkan. Empat destinasi wisata yang wajib untuk di kunjungi jika ke Sumbawa, yaitu :

 

1. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa terletak di Kabupaten Sumbawa Barat tepatnya di Kecamatan Poto Tano. Pulau ini adalah pulau tanpa penghuni sehingga keasriannya masih sangat terjaga. Pulau Kenawa merupakan pulau yang sangat menawan, pulau ini memiliki  bukit yang dapat didaki dengan memakan waktu 10 menit. Dari atas bukit, kita dapat memanjakan mata dengan melihat pasir yang sangat putih, air laut yang jernih, dan padang savana yang hijau.

Pulau Kenawa kerap kali dijadikan tempat camping, berkemah, atau hanya sekedar berfoto sambil menikmati pulau yang sangat eksotis. Di Pulau kenawa ini juga bisa melakukan snorkeling atau diving untuk menikmati keindahan pemandangan bawah laut yang begitu beragam.

 

2. Air Mata Jitu “Queen Waterfall”

Air Terjun Mata jitu terletak di pulau Moyo yaitu, Desa Labuan Aji Kabupaten Sumbawa Besar. Mata jitu memiliki 7 kolam dan 4 Undakan. Tidak perlu diragukan lagi keindahan air terjun mata jitu begitu sempurna memiliki air berwarna biru seperti air laut tetapi sangat jernih dan bersih, pemandangannya asri dan sejuk.

Keindahan yang dimiliki oleh air terjun mata jitu dapat mendatangkan berbagai pesohor dunia, seperti Ratu Inggris kala itu Lady Diana. Inilah asal muasal masyarakat menjuluki air terjun mata jitu dengan “Queen Waterfall” karena pernah dikunjungi oleh Lady Diana. Bukan hanya itu saja David Becham, Maria Sharapova, Mick Jagger, Edwin van der Sar, artis korea Rain dan Kim Tae Hee juga pernah berkunjung ke Air Terjun Mata Jitu.

 

3. “Negeri Di Atas Awan” Mantar

Mantar berada di wilayah Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat. Bukit Mantar berada pada ketinggan 600 Mdpl. Keindahan yang dimiliki bukit mantar tidak perlu di ragukan lagi. Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas yang sangat menyenangkan seperti camping, paralayang dan menyaksikan matahari terbit.

 

 

4. Pantai Tanjung Panas 

Pantai ini terletak di Desa Suka Damai, Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa. Pantai Tanjung Panas memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas dan air laut yang begitu biru. Pantai ini memiliki sebuah Gua kecil yang dapat dijadikan sebagai tempat istirahat atau duduk santai sambil menikmati keindahan Tanjung Panas. Hal menarik dari pantai pantai ini yaitu, berhubungan langsung dengan muara sungai sehingga kita dapat menyaksikan pertemuan air tawar dan air asin. Pantai Tanjung berada di bawah tebing yang cukup tinggi sehingga adanya tebing tersebut menambah keistimewan pantai tanjung panas karena wisataan dapat menikmati senja dari atas tebing kala sore hari.

Nah, jadi itulah 4 tempat wisata alam yang ada di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Sumbawa yang tidak kalah eksotis dan tentunya memanjakan mata.

 

Firna Zahwa Firdausi | Universitas Muhammadiyah Yogyakarta | STIP Batch 4

 

Baca Juga: Travelxism Kembali Menjadi Mitra Program MSIB Kampus Merdeka Kemendikbudristek

Share this Article