Traveling Mahal? Simak 5 Tips Ini Untuk Liburan Murah!


Oleh Admin | Kamis, 25 Mei 2023 14:50 | 980 kali


Trivia

Liburan merupakan momentum yang ditunggu-tunggu setiap orang. Momen ini sering digunakan untuk melepas penat dan stres setelah bekerja atau sekolah. Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menghabiskan masa liburan adalah dengan jalan-jalan atau traveling ke sejumlah objek wisata. Namun, ada anggapan traveling sama dengan membutuhkan banyak budget. Padahal tahukah Travelovers ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar traveling tidak menguras kantong, tetapi tetap menyenangkan. Penasaran apa saja tips-nya, baca artikel ini sampai selesai ya!

Anggaran Biaya

Hal pertama yang harus menjadi perhatian Travelovers ketika akan traveling adalah mempersiapkan anggaran. Buatlah rancangan rincian anggaran seperti transportasi, penginapan, makanan, tiket masuk atraksi atau wahana, hingga belanja oleh-oleh. Persiapkan juga budget tambahan untuk dana jaga-jaga. Pastikan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Travelovers. Jangan sampai anggaran biaya yang dibuat di atas kemampuan sehingga traveling tidak mengganggu beban pikiran. Dengan adanya anggaran biaya, Travelovers akan memeroleh batasan untuk pengeluaran dan terhindar dari biaya-biaya yang tidak perlu.

Cari Promo

Tips liburan murah berikutnya adalah coba cari promo. meski terdengar remeh tips yang satu ini bisa mengurangi budget. Biasanya sejumlah objek wisata memberi promo tiket masuk. Travelovers bisa mengecek promo melalui media sosial atau website resmi objek wisata tersebut. Tidak hanya untuk tiket wisata, coba carilah promo untuk akomodasi dan tiket perjalanan juga. Hal lain yang bisa dicoba adalah memesan tiket dari jauh-jauh hari karena biasanya harga tiketnya lebih murah daripada memesan mendekati hari traveling atau on the spot.

Pilih Transportasi yang Tepat

Jika lokasi wisata yang dituju masih dapat dijangkau dengan jalur darat, sebaiknya gunakan jalur tersebut. Memang waktu perjalanan melalui jalur darat lebih lama, tetapi hal ini bisa membantu mengurangi pengeluaran. Apabila di daerah wisata tujuan memiliki angkutan umum, maka gunakan angkutan tersebut untuk berpindah dari satu objek wisata ke objek wisata lain. Dengan naik angkutan umum, Travelovers tidak perlu pusing memikirkan lokasi parkir sekaligus bisa beristirahat.

Makan dan Minum

Tips keempat adalah memerhatikan makan dan minum. Disadari atau tidak yang satu ini sering menjadi pengeluaran yang menguras budget. Apa lagi harga makanan dan minuman di lokasi wisata lebih mahal. Travelovers dapat membawa bekal makan dan minum dari rumah atau membeli di luar daerah wisata. Tips lainnya makanlah terlebih dahulu sebelum berangkat sehingga tidak merasa lapar ketika jalan-jalan.

Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Tips liburan murah terakhir adalah mengontrol pembelian oleh-oleh. Terkadang setelah selesai jalan-jalan Travelovers akan mengunjungi pusat oleh-oleh. Kemudian melihat banyak souvenir yang ada dan ingin membeli semuanya. Tahan keinginan dan belilah oleh-oleh secukupnya. Cara lain adalah membeli souvenir atau oleh-oleh di luar tourist spot karena pada umumnya harga di lokasi tersebut mahal.

Demikianlah beberapa tips liburan murah yang bisa Travelovers terapkan untuk menghemat budget sehingga Travelovers bisa menikmati liburan yang menyenangkan tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Jika Travelovers ingin tahu tips-tips lain seputar liburan dan pariwisata, Travelovers bisa follow Travelxism di media sosial! Di dalamnya terdapat rekomendasi tempat-tempat wisata yang sudah menerapkan pariwisata berkelanjutan dan hal-hal lain seputar traveling. Jangan lupa terapkan tips-tips liburan murah di atas dan nikmati setiap momen liburan mu dengan penuh kesenangan dan kenangan yang tak terlupakan!

Bayu Aji Firmansyah | STIP Batch 4

Baca Juga: 5 Skincare yang Wajib Ada di dalam Tas saat Travelling

Share this Article